1. Perencanaan
- Mengumpulkan informasi dan referensi, yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan informasi seperti komputer dan internet
- Mengidentifikasi dan mengkaji sumber belajar yang diperlukan dalam pengembangan silabus
2. Pelaksanaan
- Merumuskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, serta menentukan kompetensi dasar, materi standar, hasil belajar dan indikator hasil belajar
- Menentukan strategi, metode dan teknik pembelajaran
- Menentukan alat evaluasi berbasis kelas, dan alat ujian berbasis sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
- Menganalisis kesesuaian silabus dengan pengorganisasian pengalaman belajar, dan waktu yang tersedia.
3. Penilaian
- Penilaian silabus harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.
4. Revisi
- Setiap silabus yang dikembangkan perlu diuji kelayakannya melalui analisis kualitas silabus, penilaian ahli, dan uji lapangan.
- Revisi dilakukan berdasarkan hasil uji kelayakan.
- Revisi dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan.
- Revisi dilakukan setiap saat sebagai upaya aktualisasi materi dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan.
- Revisi dilakukan sejak awal penyusunan hingga pelaksanaan di kelas berlangsung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar