A. Pengertian
RPP
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka
untuk satu pertemuan atau lebih, dikembangkan berdasarkan silabus untuk
mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai
Kompetensi Dasar (KD).Setiap guru di setiap satuan pendidikan wajib menyusun
RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Penyusunan RPP dilakukan
sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai danperlu diperbarui sesuai
perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
Penyusunan
RPP harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk
direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh
pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP
disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi
aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis
peserta didik.
Pengembangan
RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok gurumata pelajaran
tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior
yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar
wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas
pendidikan.Dalammengembangkan RPP, guru harus memperhatikan silabus, buku teks
peserta didik,dan buku guru.
B. Komponen
dan SistematikaRPP
Mengacu
pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran, RPP merupakan
rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi
pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus.
Komponen
RPP mencakup:(1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan
kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi;
(4) tujuan pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan
metode;(7)media/alat, bahan, dan sumber belajar;(8) langkah-langkah
pembelajaran, dan (9) penilaian pembelajaran.
Komponen RPP untuk SMK secara
operasional diwujudkan dalam bentuk format sebagai berikut.
FORMAT RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : …...........................................................................
Mata Pelajaran : …...........................................................................
Kelas/Semester : ……........................................................................
Alokasi Waktu : …...........................................................................
A. Kompetensi Inti
1.
_______________
2.
_______________
3.
_______________
4.
_______________
B. Kompetensi Dasar
1.
KD
pada KI-1
2.
KD
pada KI-2
3.
KD
pada KI-3
4.
KD
pada KI-4
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Indikator
KD pada KI-3
2.
Indikator
KD pada KI-4
D. Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
(rincian
dari Materi Pokok Pembelajaran)
F. Pendekatan, Model dan
Metode
G. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
Kesatu:*)
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (… menit)
b.
Kegiatan
Inti (... menit)
c.
Penutup
(… menit)
2.
Pertemuan
Kedua:*)
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (… menit)
b.
Kegiatan
Inti (... menit)
c.
Penutup
(… menit),
dan
pertemuan seterusnya.
H. Penilaian Pembelajaran,
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
pertama
b.
Pertemuan
kedua
c.
Pertemuan
seterusnya
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
I. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
2. Bahan
3. Sumber
Belajar
|
|
Mengetahui
Kepala ……..........................
NIP
|
______________,
_________
Guru Mata
Pelajaran,
NIP
|
*) Langkah 5 M
tidak harus terjadi pada setiap pertemuan, bisa terjadi pada beberapa
pertemuan.
C. Langkah-langkah
Penyusunan RPP
RPP disusun melalui
langkah-langkah berikut.
1. Analisis
Program Semester
Hasil analisis program semester digunakan untuk
menentukan KD dan materi yang akan dirancang RPP-nya.Disamping untuk menentukan
KD dan materi,analisis program semester dapat digunakan untuk mengetahui urutan
pembelajarandan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk setiap KD dan materi(lihat topik
tentang: Penyusunan Program Semester).Perhatikan Tabel 1 berikut sebagai contohhasil
analisis progam semester pada mata pelajaran Simulasi Digital.
Tabel 1.Hasil Analisis Program Semester/KD
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Jam/
Pertemuan
|
Jumlah
Pertemuan
|
Kebutuhan
Total Jam (JP)
|
KD 3.2
menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui
komunikasi daring.
KD 4.2
menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.
|
1. Pengelolaan Informasi digital melalui Komunikasi
daring asinkron
|
3
|
2
|
6
|
2. Pengelolaan Informasi digital melalui komunikasi
daring sinkron
|
3
|
2
|
6
|
|
Jumlah JP/KD
|
3
|
4
|
12
|
Berdasarkan
Tabel 1,guruakan membuat RPP untuk KD pengetahuan 3.2 dan KD keterampilan 4.2,untuk 4 kali pertemuan;
pertemuan pertama membahas tentang materi:“pengelolaan informasi daring asinkron”dengan alokasi waktu 6 JP @ 45 menit (2 kali
pertemuan).
2.
Mengembangkan
RPP menggunakan format RPP yang pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum
pada Tabel 2.
Tabel 2.Rambu-rambuPengembangan RPP
No.
|
Komponen
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
1.
|
a. Identitas Sekolah
b. Mata Pelajaran
c.
Kelas/Semester
|
a. Diisi nama satuan pendidikan.
b. Diisi namaMata Pelajaran, seperti tertera pada
Struktur Kurikulum.
c. Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.
|
|||||||||||||||
2.
|
Alokasi
waktu
|
Diisi
jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester.
|
|||||||||||||||
3.
|
Kompetensi
Inti
|
Disalin
dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor 60 Tahun
2014 tentang Kurikulum SMK2013 untuk KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
|
|||||||||||||||
4.
|
Kompetensi
Dasar
|
a.
KD disalin dari
Lampiran Permendikbud Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMK 2013 dan SK
Dirjen Nomor 1464/D3.3/KEP/KP/2014 tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi
Dasar Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) SMK/MAK.
b.
Rumusan KD
dituliskan untuk semua KDdari KI-1, KI-2, KI-3 danKI-4.
|
|||||||||||||||
5.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
a.
Dirumuskan sesuai
KD
b.
Untuk KD
pengetahuan, kata kerja operasional yang digunakan tidak lebih tinggi dari KD,sedangkan
dimensi pengetahuan sesuai yang tercantum pada KD.
c.
IPK untuk KD
keterampilan dapat merupakan langkah-langkah melakukan/kerja.
d.
Minimal mengandung
2 IPK untuk setiap KD
Pada contoh diatas:
KD
Pengetahuan
Menerapkan
pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring.
Berdasarkan KD
tersebut, “menerapkan” adalah dimensi proses kognitif level C3, sedangkan
pernyataan “pengelolaan informasi digital komunikasi daring” adalah dimensi
pengetahuan faktual dan konseptual, procedural. Untuk penyusunan IPK, kedua dimensitersebut
perlu diperhatikan.
Dimensi proses
kognitif ada pada level 3, berarti kata kerja operasional yang dapat
digunakan adalahdarilevel 2 dan level 3.
1.
Dimensi
pengetahuan ada pada factual, konseptual, dan procedural sehingga dapat
menggunakan semua lingkup pengetahuan faktual , konseptual, procedural,
misalnya:
·
Simbul padakomunikasi
daringonline (faktual);
·
Pengertian komunikasi
daringonline(konseptual);
·
Klasifikasi
komunikasi daring online(konseptual)
·
Cara melakukan
komunikasi daring online(procedural) ….dst.
2.
Berdasarkan
dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan diatas
sebagai berikut:
a. Menjelaskan simbul yang digunakan padakomunikasi
daring online;
b. Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;
c. Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring
online;
d. Menentukan teknik komunikasi daring onlineyang
akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan
KD Keterampilan
KD 4.2
Menyajikan hasil
pengelolaan informasi digital melalui
komunikasi daring online..
Berdasarkan KD
4.8tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada
gradasi minimal P1 = level keterampilan konkretimitasi (minimal kelas X).
Berdasarkan
analisis tersebut, maka IPK nya adalah:
4.2.1.
Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.
4.2.2.
Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron
berdasarkan tugas
|
|||||||||||||||
6.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
1.
Rumusan tujuan
pembelajaran merupakan jabaran lebih rinci dari indikator (IPK).
2. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dari
KI-3 dan KD dari KI-4 dengan mengaitkan KI-1 dan KI-2.
3. Perumusan tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan atau diukur, mencakup ranah sikap, ranah
pengetahuan, dan ranah keterampilan.
4. Perumusan tujuan pembelajaran mengandung komponen Audience, Behaviour, Condition
dan Degree (ABCD), yaitu:
5. Audience adalah peserta didik;
6. Behaviour merupakan perubahan perilaku peserta didik
yang diharapkan dicapai setelah mengikuti pembelajaran;
7. Condition adalah prasyarat dan kondisi yang harus disediakan
agar tujuan pembelajaran tercapai, dan
8. Degree adalah ukuran tingkat atau level kemampuan yang
harus dicapai peserta didik.
Berdasarkan IPK diatas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:
1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik akan dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring onlinesesuai
dengan buku teks secara santun
2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik akan dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan
informasi digital daring onlinesesuai dengan buku teks secara santun
3. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik akan dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui
komunikasi daring onlinedengan santun
4. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik akan dapat menentukan kebutuhan
pokok fasilitas yang diperlukan untuk
pengelolaan informasi digital daring onlinesecara mandiri
5. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik akan dapat menjelaskan cara melakukan
komunikasi daring online dengan percaya diri
6. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan
internet, peserta didik akan dapat melakukan
komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan
percaya diri
7. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan
internet, peserta didik akan dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.
![]() |
|||||||||||||||
7.
|
Materi
Pembelajaran
|
Diambil dari hasil analisis tujuan pembelajaran yang dihilangkan KKO, degree dan condition-nya. Contoh:
Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan
berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan
muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.
|
|||||||||||||||
8.
|
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
|
Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK(lihat
konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model
Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik).
|
|||||||||||||||
9.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
a.
Diisi mengacu sintaks
model pembelajaran yang ditetapkan.
b.
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:
1) Kegiatan Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluanguru:
· Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
· Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan
dikembangkan sebelumnya terkait dengankompetensi yang akan dipelajari.
· Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnyabagi kehidupan.
· Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
· Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
2) Kegiatan Inti
· Diisi dengankegiatan siswa dan guru mengikuti urutansintaks
model belajar yang dipadukan dengan pendekatan saintifik (hasil analisis
pemaduan model tugas sesi 3).
· Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus
pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang
sedang dibahas.
Pemaduan sintaksis (langkah-langkah) model
pembelajaran dan langkah pendekatan saintifik (5M) ditata menggunakan format
perancah. Lihat penjelasan “Pemahaman Proses Pembelajaran” (pembelajaran sesi 3)
![]()
3) Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup meliputi antara lain:
· membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
· refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
· merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/perseorangan (jika diperlukan).
· menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
|||||||||||||||
10.
|
Penilaian
|
a. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen
penilaian (hasil pembelajaran sesi 4).
Contoh:
b. Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
|
|||||||||||||||
11.
|
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
|
Diisi dengan:
a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada
proses pembelajaran di setiap RPP.
b. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan
elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap
pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
c. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuanpenulisan
literatur/referensi.
Contoh:
|
5. Tugas/Latihan
Susunlah RPP berdasarkan hasil “Analisis KD Pengetahuan
dan Keterampilan” serta “Pemaduan Sintaks Model Pembelajaran dan Pendekatan
Saintifik” sebagaimana dijelaskan pada Hand-out Materi Pendampingan tentang Pemahaman
Kurikulum 2013 SMK, kemudian tuangkan dalam format RPP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar